Contoh Skripsi

Pendidikan Biologi

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

 

 

PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJARBIOLOGI PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI PADA TUBUH TUMBUHAN.

(Penelitian Eksperimen di SMP Negeri 132 Jakarta Kelas VIII)

YENNI ROHMANINGSIH

1070161OO723

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

2012

  1. Variabel :

X : Model pembelajaran portofolio dan Model pembelajaran cooperative learning

Y : Hasil belajar

  1. Rumusan Masalah :

Apakah terdapat perbedaan model pembelajaran berbasis portofolio dengan cooperative learning terhadap hasil belajar biologi pada konsep struktur dan fungsi pada tubuh tumbuhan?

  1. Hipotesis :

Terdapat perbedaan model pembelajaran berbasis portofolio dengan cooperative learning yang digunakan guru terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII pada konsep struktur dan fungsi tubuh pada tumbuhan.

  1. Populasi :

Target : seluruh siswa di SMP N 132 Jakarta tahun ajaran 2011/2012

Terjagkau : seluruh siswa kelas VIII SMP N 132 Jakarta tahun ajaran 2011/2012

  1. Sampel :

Siswa SMP N 132 Jakarta kelas VIII-7 dan VIII-6

  1. Teknik sampling :

Purposive sampling

  1. Instrumen Pengumpulan Data :

Tes uraian dan lembar observasi

  1. Teknik Analisis Data :

Uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, pengujian hipotesis, uji mann whitney

 

PERBEDAAN MEDIA FLOW CARD (KARTU ALIR) DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

(Penelitian Quasi Experiment di SMPN 1 Mauk Kab. Tangerang)

SURYANI

108016100068

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

2013

  1. Variabel :

X : Media flow card pada model pembelajaran STAD dan Media kartu gambar pada model pembelajaran STAD

Y : Hasil belajar

  1. Rumusan Masalah :

Apakah terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang menggunakan kartu alir dengan siswa yang menggunakan kartu gambar pada model pembelajaran STAD?

  1. Hipotesis :

Terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang menggunakan kartu alir dengan siswa yang menggunakan kartu gambar pada model pembelajaran STAD. Penggunaan kartu alir lebih baik hasil belajar biologi siswa dibandingkan dengan penggunaan kartu gambar.

  1. Populasi :

Seluruh siswa di SMPN 1 Mauk kelas VIII yang terdapat 8 kelas.

  1. Sampel :

Kelas VIII-3 untuk kelas kartu alir dan VIII-7 untuk kelas kartu gambar.

  1. Teknik sampling :

Random sampling.

  1. Instrumen Pengumpulan Data :

Tes objektif pilihan ganda dan lembar penilaian kinerja, angket.

  1. Teknik Analisis Data :

Uji N-Gain, lembar penilaian kinerja, angket, Uji Normalitas, Uji Homogenitas

 

PENGARUH PEMBEAJARAN INKUIRI TERBINGBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PLANTAE.

EVA RIFA’ATUL MAHMUDAH

1080161OO038

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

2013

  1. Variabel :

X : Pembelajaran inkuiri terbimbing

Y : Hasil belajar

  1. Rumusan Masalah :

Apakah terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi pada konsep plantae?

  1. Hipotesis :

Terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi pada konsep plantae.

  1. Populasi :

Target : seluruh siswa di SMAN 6 Tangerang Selatan

Terjagkau : siswa-siswi kelas X SMA Negeri 6 kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2012/2013

  1. Sampel :

Siswa-siswi SMA Negeri 6 kota Tangerang Selatan kelas X-6 sebagai kelas kontrol dan X-7 sebagai kelas eksperimen

  1. Teknik sampling :

Simple Random sampling

  1. Instrumen Pengumpulan Data :

Tes dan Non Tes (observasi)

  1. Teknik Analisis Data :

Uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis.

 

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

(Kuasi Eksperimen di MA Al-‘Imaroh)

SENI VIRGOWATI

108016100068

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

2011

  1. Variabel :

X : Model pembelajaran Think Pair Square

Y : Hasil belajar

  1. Rumusan Masalah :

Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Think Pair Square terhadap hasil belajar biologi siswa?

  1. Hipotesis :

Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Square terhadap hasil belajar siswa pada konsep tumbuhan.

  1. Populasi :

Target : seluruh siswa MA Al-‘Imaroh

Terjagkau : seluruh siswa MA Al-‘Imaroh kelas X semester 2 tahun ajaran 2009/2010

  1. Sampel :

Kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol

  1. Teknik sampling :

Purposive sampling.

  1. Instrumen Pengumpulan Data :

Tes objektif pilihan ganda.

  1. Teknik Analisis Data :Uji Normal Gain, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis

 

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA.

(Penelitian Tindakan Kelas  di XA MA Daarul Ma’arif Cilandak Jakarta Selatan)

MAHMUDAH

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

2010

  1. Fokus Masalah :

Rendahnya hasi belajar siswa, minat baca siswa, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran dan situasi belajar yang tidak kondusif di kelas XA MA Daarul Ma’arif Jakarta Selatan.

  1. Solusi Masalah : penerapan metode PQ4R ada konsep ikatan kimia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XA MA daarul Ma’arif Jakarta Selatan, mengaktifkan siswa dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif di kelas XA MA daarul Ma’arif Jakarta Selatan.
  2. Rumusan Masalah :

Bagaimana penerapan metode PQ4R (preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk meningkatkan hasil belajar siswa?

  1. Hipotesis Tindakan :

Penerapan metode PQ4R (preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep ikatan kimia.

  1. Subjek :

Seluruh siswa MA daarul Ma’arif Jakarta Selatan kelas XA semester 1 tahun ajaran 2009/2010 berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa dan 12 orang siswi.

Terjagkau : seluruh siswa kelas VIII SMP N 132 Jakarta tahun ajaran 2011/2012

  1. Instrumen Pengumpulan Data :

Lembar observasi, lembar catatan lapangan, wawancara dan tes

  1. Teknik Analisis Data :

Anaisis data kuantitatif

Anaisis data kualitatif : statistic deskriptif (distribusi frekuensi, daya serap dan ketuntasan belajar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s